Cara Mencegah Kanker Dengan Banyak Beraktivitas

Selamat datang kembali anda yang sedang membaca informasi di website kami obat kanker . pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai kanker ya judul nya saja sudah kanker kebawah nya kan juga harus informasi memperdalam cara penyembuhan kanker , Siapa yang tidak ingin sembuh coba , kanker salah satu penyakit yang paling di takuti oleh semua manusia . karna penyakit ini sangat mematikan manusia . Nah Kali ini kami akan menguak sebuah Cara Mencegah Kanker Dengan Banyak Beraktivitas .

obat kankerKurangnya akitivitas fisik adalah penyebab keempat tertinggi kematian di dunia . Duduk terus menerus selama berjam-jam tiap hari adalah faktor risiko utama penyebab penyakit penyakit tidak menular , Seperti jantung . diabetes , dan kanker . Sekitar 3,2 juta orang di seluruh dunia meninggal tiap tahun karena kurang aktif bergerak .

Kurangnya aktivitas luar rumah di kota-kota besar , umumnya di sebabkan oleh tingginya polusi udara akibat asap kendaraan , padatnya lalu lintas , kekhawatiran terhadap tindak kriminal , dan kurangnya sarana untuk berjalan seperti trotoar atau taman .

Aktif bergerak tidak selalu harus di artikan berolahraga , Aktivitas fisik bisa berupa pergerakan tubuh yang memerlukan energi , seperti halnya bermain , berjalan , membersihkan rumah .

Aktivitas fisik cara mencegah Kanker

Selain membuat tubuh tetap sehat , aktivitas fisik dapat mengurangi risiko penyakit . Orang yang tidak aktif bergerak memiliki peluang risiko 20-30 persen lebih tinggi untuk meninggal karena penyakit tidak menular seperti kanker jika di bandingkan dengan mereka yang bergrak aktif selama 30 menit sehari saja . Berikut adalah kaitan antara bentuk aktivitas dengan penurunan risiko dari beberapa jenis kanker :

  • Kanker Payudara
    Penelitian mengungkapkan bahwa wanita yang aktif bergerak memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengidap kanker payudara di bandingkan yang tidak aktif bergerak . Aktivitas fisik , terutama bagi wanita yang sudah mengalami menopause , dapat mencegah pertumbuhan kanker dengan meningkatkan kekebalan tubuh , menurunkan kadar hormon , kadar insulin , dan faktor pertumbuhan serupa insulin , serta menjaga berat tubuh tetap ideal .
  • Kanker usus besar
    Aktivitas fisik berperan dalam metabolisme hormon , pengaturan insulin , dan peningkatan energi tubuh sehingga bisa mengurangi risiko usus besar terpapar karsinogen penyebab kanker . Bergerak secara aktif juga bisa menjadi cara untuk menghindari faktor-faktor penyebab peradangan yang dapat memicu kanker usus .
  • Kanker endometrium
    Kanker endometrium adalah kanker yang tumbuh pada lapisan dinding rahim yang paling dalam . ketidak seimbangan hormon menjadi penyebabumum kanker ini . Selain menjaga berat tubuh manusia , aktivitas fisik dapat mengurngi resiko kanker endometrium karena berdampak positif kepada metabolisme tubuh , serta kadar hormon seksual seperti estrogen . Penelitian membuktikan bahwa orang-orang yang aktif bergerak memiliki risiko 20-40 persen lebih kecil dibandingkan yang tidak. Risiko ini menjadi jauh lebih rendah jika aktivitas fisik dilakukan dalam bentuk berolahraga secara teratur.

Aktivitas Seperti Apa?

Cara mencegah kanker bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Salah satu contoh ringan adalah dengan melakukan tugas rumah tangga. Berikut ini adalah beberapa contoh kegiatan dan potensi energi yang dapat dibakar.

  • Mencuci baju: 3,56 kcal/menit
  • Mengemudi mobil: 2,8 kcal/menit
  • Menyapu rumah: 3,90 kcal/menit
  • Menyetrika: 4,2 kcal/menit

Agar memberi dampak positif kepada kesehatan dan bermanfaat mencegah kanker, aktivitas tersebut dilakukan setidaknya 10 menit perhari. Namun jika memungkinkan, 60 menit perhari bagi anak-anak dan remaja. Sementara bagi orang dewasa, durasi yang disarankan adalah 150 menit perminggu.  Lebih baik jika durasi ini dapat dipadukan dengan olahraga secara terjadwal selama 20 menit, dua hingga tiga kali seminggu. Anda bisa melakukan senam aerobik, bersepeda, berenang, atau olahraga apa pun yang disukai dan sesuai kemampuan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *