Cara Mencegah Kanker Payudara

cara mencegah kanker payudara,- Kanker payudara yakni jenis kanker yang bermula dari jaringan payudara. Pada sebahagian kasus, faktor genetik diyakini memegang peranan yang kuat, mempunyai hubungan darah langsung dengan anggota keluarga yang terkena kanker payudara meningkatkan risiko anda 2x lipat. Selain faktor genetik, faktor lain yang mempengaruhi perempuan terkena kanker payudara ialah faktor gaya hidup & pola makan yang tak sehat. Oleh sebab itu, harus senantiasa menerapkan pola hidup sehat & pola makan yang sehat supaya terhindar dari berbagai macam penyakit salah satunya kanker payudara.

Cara Mencegah Kanker Payudara

1.Olahraga secara teratur

Satu kata sebagai kunci hidup sehat adalah olahraga , terlepas dari segudang manfaatnya untuk kesehatan, olahraga pun menjadi salah satu faktor pencegahan penyakit kanker terutama payudara. Olahraga dapat menurunkan tingkat sirkulasi estrogen dalam tubuh , tetapi bila anda tak pernah olahraga maka tingkat estrogen dalam badan dapat makin tinggi yang menyebabkan tingginya risiko terkena kanker payudara.

2.Jangan merokok

Segala jenis penyakit berbahaya & kanker dapat terjadi lantaran anda ialah perokok, hindarilah rokok. Penelitian yang menghubungkan antara rokok & kanker payudara memang masih sangat minim, belum ada penelitian konkrit berkaitan hal ini.

Tapi beberepa penelitian sudah menemukan bahwa kandungan zat kimia yang terdapat pada rokok sangat berkaitan dengan berbagai jenis kanker , sedangkan beberapa juga menemukan bahwa ASI pada perokok pula bisa terkonstaminasi.

3.Menyusui seandainya memungkinkan

Menyusui nyata-nyatanya selain berguna bagi si bayi, ibu juga mendaparkan manfaat yang luar biasa dari kegiatan menyusui. Memang belum banyak penelitian yang menghasilkan keterkaitan langsung antara menyusui pada kanker payudara.

Tapi beberapa studi sudah mengemukakan bahwa perempuan yang menyusui mempunyai risiko lebih kecil di bandingkan dengan perempuan yang tak pernah menyusui. Alasan utama yang diklaim oleh para peneliti yaitu keterkaitan antara aktivitas menyusui dengan kestabilan tingkat estrogen maka memperkecil risiko.

4.Hindari radiasi

Ada berbagai jenis radiasi yang kemungkinan anda dapatkan, terutama pada saat pemeriksaan medis seperti CT Scan, pemeriksaan MRI & rontgen. Sejumlah studi menemukan bahwa risiko tertinggi terkena kanker payudara yang disebabkan oleh radiasi yaitu pada waktu pubertas di mana payudara mulai terbentuk. Selain itu risiko ini pun meningkat jikalau radiasi sinar X dilakukan di dada pada saat orang tersebut berumur 20 tahun ke bawah.

5.Mengkonsumsi makanan sehat

Buah & sayuran yang kaya akan vitamin , serat , mineral, fitokimia yang dapat berfungsi sebagai anti oksidan yang menghambat berkembangnya sel kanker. Selain itu, makanan yang kaya akan kandungan selenium ialah diantaranya kacang-kacangan, sereal utuh, makanan laut, telur, daging tanpa lemak.

Konsumsi pula makanan yang mengandung karoten alfa , beta lutein/zeaksanatin, vitamin A & vitamin C dengan jumlah yang tinggi dapat menemukan terjadinya risiko kanker payudara terutama untuk perempuan pramenopause yang mempunyai anggota keluarga yang menderita kanker payudara.

6.Kurangi lemak

Jenis lemak dalam diet anda akan mempengaruhi risiko kanker payudara. Minimalkan mengonsumsi lemak omega-6 , lemak jenuh & lemak trans. Maksimalkan asupan lemak omega-3 , terutama dari minyak ikan (ikan salmon, tuna, sarden, makarel). Mengonsumsi minyak tidak jenuh tunggal (minyak zaitun, kacang-kacangan/biji, alpukat) sebagai sumber lemak utama anda, sebab makanan tersebut mempunyai sifat antikanker. Secara husus , minyak zaitun ialah sumber potensial dari polifenol antioksida & kacang-kacangan & biji-bijian mencukup kebutuhan mineral pelindung kanker, selenium.

7.Mengonsumsi karbohidrat sesuai porsi

Apakah karbohidrat anda benar? Minimalkan indeks glikemik tinggi adalah nasi putih, kentang, gula & product olahan dari nasi. Makanan ini memicu perubahan hormonal yang mempromosikan pertumbuhan sel dalam jaringan payudara. Ganti karbohidrat anda dengan biji-bijian & kacang-kacangan.

8.Rajin periksa payudara

Tak butuh melakukan tes pemeriksaan di rumah sakit kalau mau mendeteksi kanker payudara. Jalankan saja sendiri di rumah setiap bulan pada hari ke tujuh sesudah menstruasi. Deteksi dini dapat memaksimalkan angka kesembuhan penyakit kanker.

Baca juga :

Gejala Kanker Payudara

Obat Kanker Payudara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *