Cara Penularan TBC Paru

cara penularan tbc paru,- TBC Paru yaitu penyakit menular langsung disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis. Sebagaian besar kuman TB menyerang paru, namun bisa juga mengenai organ tubuh lainnya. Sebenarnya kuman/bakteri ini dalam beberapa detik akan segera mati bila terkena sinar matahari langsung. Tapi sebaliknya kalau kuman ini berada di lingkungan yang cocok untuk kehidupannya ialah suasana lingkungan yang gelap, lembab, sehingga kuman ini akan mampu bertahan sampai berjam-jam dan lebih parah lagi kuman ini dapat terus ada dilingkungan sampai bertahun-tahun dalam keadaan tidur.

Gejala awal tbc paru ialah batuk terus menerus lebih dari 100 hari, dahak bercampur dengan darah, sesak napas, tubuh lemas & mengeluarkan banyak keringat walaupun tak melakukan aktifitas.

Cara Penularan TBC Paru

  • Sumber penularan ialah pasien TB BTA positif (BTA= basil tahan asam).
  • Pada saat batuk atau bersin, pasien menyebarkan kuman ke udara dalam bentuk percikan dahak. Sekali batuk menghasilkan sekitar 3000 percikan dahak.
  • Biasanya penularan terjadi dalam ruangan di mana percikan dahak berada dalam waktu yang lama. Ventilasi akan mengurangi jumlah percikan, sementara sinar matahari langsung mampu membunuh kuman. Percikan bisa bertahan selama beberapa jam dalam kondisi yang gelap & lembab.
  • Daya penularan seorang pasien ditentukan oleh banyaknya kuman dari parunya. Semakin tinggi derajat kepositipan hasil pemeriksaan dahak, semakin menular pasien tersebut.
  • Faktor yang memungkinkan seseorang terpajan kuman tb ditentukan oleh konsentrasi percikan dalam udara & lamanya menghirup udara tersebut.

Baca juga :

Faktor Resiko TBC Paru
Gejala Penyakit TBC Paru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *