Faktor Risiko Kanker Payudara

Kanker payudara adalah penyakit yang terjadi akibat terbentuknya sel-sel ganas pada jaringan payudara. Penyebab dari kanker payudara belum diketahui pasti. Tapi, ada beberapa faktor risik yang membuat peluang atau kemungkinan seorang perempuan terkena kanker payudara jadi lebih besar.

Faktor Risiko Kanker Payudara

1.Umur

Sebagian besar pengidap kanker payudara merupakan perempuan berumur di atas 60 tahun, dan risiko terbesar ditemukan terhadap mereka yang berusia di atas 75 tahun. Tapi bukan berarti perempuan di bawah 60 tahun sama sekali tak mempunyai risiko terkena penyakit ini. Hanya saja, biasanya perempuan muda berisiko kecil di bandingkan perempuan umur di atas 60 tahun.

2.Telah pernah terkena kanker payudara

Apabila anda telah pernah menderita kanker payduara pada satu payudara, anda mempunyai peningkatan risiko mengembangkan kanker payudara kepada payudara satunya.

3.Riwayat keluarga

Perempuan yang mempunyai hubungan keluarga dengan seseorang pengidap kanker payudara memiliki peluang lebih besar untuk terkena penyakit yang sama, terutama bila hubungan keluarga sangat dekat, misalnya ibu, anak wanita & saudara wanita. Tapi, sebahagian besar orang juga yang didiagnosa kanker payudara tak mempunyai riwayat kanker payudara pada keluarga.

4.Mewarisi gen yang meningkatkan kanker payudara

Mtasi gen tertentu yang meningkatkan risiko kanker payudara akan diturunkan dari orang tua pada anak-anaknya. Mutasi gen yang paling umum dinamakan sebagai BRCA1 & BRCA2. Gen ini akan meningkatkan risko kanker payudara & kanker lainnya.

5.Paparan radiasi

Bila anda menerima perawatan radiasi untuk dada sejak masa kanak-kanak atau dewasa muda. Anda lebih mungkin untuk mengembangkan kanker payudara di kemudian hari.

6.Terapi hormon pascamenopause

Perempuan yang konsumsi obat terapi hormon menggabungkan estrogen & progesteron untuk mengobati tanda-tanda & gejala menopause mempunyai peningkatan risiko kanker payudara.

Baca juga : Makanan Sehat Untuk Penderita Kanker Payudara

7.Obesitas

Kelebihan berat badan atay obesitas meningkatkan risiko kanker payudara lantaran jaringan lemak memproduksi estrogen yang mampu membantu pertumbuhan kanker.

 | Faktor Risiko Kanker Payudara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *