Faktor Risiko Kanker Prostat

Faktor Risiko Kanker Prostat,- Kanker prostat ialah salah satu jenis kanker yang paling umum terjadi pada laki-laki. Tingkat keparahan kanker prostat tergantung pada seberapa cepat kanker itu berkembang. Sebahagian besar kasus berkembang secara perlahan & tak pernah naik ke stadium lanjut atau mengancam nyawa.

Kanker prostat belum diketahui penyebabnya, tapi kanker tak dianggap berkaitan dengan benign prostatic hyperplasia (BPH). Faktor risiko untuk kanker prostat termasuk usia lanjut, genetik (keturunan, pengaruh hormonal & faktor lingkungan seperti racun, bahan kimia & industri.

faktor risiko kanker prostat

Faktor Risiko Kanker Prostat

1.Faktor usia

Faktor usia ialah penyebab paling signifikan terhadap peningkatakan risiko kanker prostat. Seiring bertambahnya usia, seseorang lebih rentan pada kanker prostat.

Dalam usia tua, 8 dari 10 laki-laki (80%) mempunyai sel-sel kanker prostat namun pada beberapa pria tak menyebabkan gangguan kesehatan. Tapi yang perlu diingat, risiko kanker prostat dapat terjadi seumur hidup & melibatkan orang-orang pada usia berapapun.

2.Genetika

Genetika (keturunan) berperan dalam risiko mengembangkan kanker prostat . Kanker prostat lebih umum di antara keluarga dari individu di mana ada riwayat keluarga yang pernah terkena kanker prostat. Risiko ini mungkin 2 sampai 3 kali lebih besar.

3.Kadar hormon

Kelenjar prostat sebenarnya masuk ke dalam susuna organ sex yang menghasilkan cairan yang dicampur dengan sperma untuk membuat air mani. Testosteron yakni hormon sex yang diproduksi oleh testis & kelenjar prostat. Factor ini memungkinkan adanya pengaruh kadar hormon sex ini, pada risiko mengembangkan kanker prostat. Factor ini jadi buah pemikiran di masa lalu, seseorang yang mempunyai tingkat testosteron lebih tinggi dalam darah , dapat meningkatkan risiko kanker prostat.

4.Kelebihan berat badan (obesitas)

Studi kanker prostat menemukan keterkaitan risiko kanker prostat yang lebih tinggi pada pria yang mempunyai tubuh tinggi di bandingkan pria yang bertubuh pendek. Beberapa studi sudah menemukan bahwa kelebihan berat tubuh(obesitas) juga dapat mempengaruhi risiko kematian akibat kanker prostat atau diagnosa pada kanker prostat. Studi ini menghasilkan penemuan hubungan yang jelas antara obesitas & risiko kanker metastasis yang mengembangkan kanker prostat.

5.Pernah mengidap kanker

Laki Laki yang sebelumnya pernah mengalami kanker tertentu di masa lalu, kemungkinan dapat mempengaruhi peningkatan risiko terkena kanker prostat. Penelitian sudah menunjukan adanya penyebab kanker prostat terhadap laki laki yang pernah menderita kanker ginjal, kanker kandung kemih, kanker paru-paru, kanker tiroid & kanker kulit melanoma.

Baca juga : Obat Kanker Prostat

Walaupun belum bisa diketahui secara pasti penyebab kanker prostat, tetapi anda mesti mewaspadai faktor risiko sekecil apapun dapat menyebabkan kanker prostat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *