Gejala Dan Diagnosis Kanker Kandung Kemih

Kanker kandung kemih merupakan tumor ganas pada mukosa kantung kemih. Gejala yang paling umum kanker kandung kemih yakni hematuria (kencing berdarah). Kanker kandung kemih pada umumnya cenderung terjadi pada seseorang yang telah lanjut umur. Dan kebanyakan kasus, penyakit ini cenderung dialami oleh pria, namun tak menutup kemungkinan dialami oleh perempuan. Untuk mewaspadainya dan mencegah sebelum terlalu serius atau parah, gejala kanker kandung kemih perlu kita simak.

Gejala Dan Diagnosis Kanker Kandung Kemih

Gejala Kanker Kandung Kemih

Buang air kecil disertai darah

Gejala paling umum yang sering dijumpai terhadap pasien kanker kandung kemih yakni buang air kecil atau kencing disertai darah. Apabila telah terlalu sering terjadi darah ke luar dengan urin, faktor ini layak dicurigai dan diperiksakan ke dokter.

Frekuensi buang air kecil terlalu sering tapi sedikit

Perubahan dari kebiasaan buang air kecil yang lain dapat dirasakan dan butuh diwaspadai yakni frekuensinya yang makin sering. Tidak cuma itu, pula rasa mau buang air kecil mendadak, keluarnya urin berdarah dan jumlah urin setiap kali dikeluarkan hanya sedikit.

Terasa perih disaat buang air kecil

Mengalami rasa perih setiap buang air kecil bukanlah faktor yang mesti diabaikan. Bila mulai terjadi setiap hari, sebaiknya periksakan ke dokter.

Nyeri punggung

Nyeri pinggung memang tidaklah dapat kita simpulkan sebagai suatu keadaan yang menandakan adanya kanker kandung kemih. Nyeri punggung bisa terjadi kala beraktivitas terlalu padat dan terlalu banyak atau tak bergerak di area punggung. Disaat nyeri punggung terjadi secara tiba-tiba tidak dengan adanya alasan tertentu, menempuh motode diagnosa dapat sangat penting untuk dilakukan.

Saluran kemih sering terinfeksi

Gejala lainnya yang mesti diwaspadai yakni seringnya infeksi menyerang saluran kemih. Bila disertai pun dengan gejala yang lain yang telah disebutkan, anda mesti memeriksakan kepada dokter.

Kaki bengkak

Pada stadium lanjut, gejala pun berkembang makin tentu dan tampak lebih parah. Salah satu gejalanya yaitu pembengkakan yang terjadi di kaki. faktor ini bisa diartikan bahwa sudah terjadi penyebaran sel kanker dan ini mampu menyerang kaki. Kalau bengkak di kaki ini diawali dengan pertanda lainnya pada stadium awal tadi, pasti ini makin memperjelas adanya ketidakberesan pada kesehatan kandung kemih.

Nyeri panggul

Gejala lainnya kanker kandung kemih iadalah nyeri panggul. Rasa sakit ini dapat dirasakan oleh penderita kanker kandung kemih bagi stadium lanjut. Hal ini disebabkan oleh sel kanker yang sudah terlanjur menyebar sampai rasa sakitnya hingga ke panggul.

Tulang terasa sakit

Gejala lainnya dari kanker kandung kemih ialah rasa sakit pada tulang yang masih tidak dengan alasan. Terjadi secara tiba-tiba atau menjadi kelanjutan dari gejala-gejala buang air kecil yang disebutkan sebelumnya, anda patut memeriksakannya segera ke dokter. Kanker tulang pula bisa menjadi kemungkinan, tapi kalai gejala lain di atas pula turut dialami, ini pasti bukan kanker tulang.

Diagnosis Kanker Kandung Kemih

Dengan metode diagnosa yang disarankan untuk dilakukan jugalah anda tahu pada stadium berapa keadaan kanker tersebut. Berikut yakni proses pemeriksaan yang sangat dianjurkan.

  • Pemeriksaan sitoskopi. pada pemeriksaan ini, dokter bakal menggunakan camera kecil bersama memasangnya di selang halus yang ada lampunya. Sesudah itu, alat inilah yang akan digunakan buat periksa bagian kandung kemih.
  • Tes Imaging. pemeriksaan ini yakni cara pemeriksaan dengan pengambilan Gambar oleh dokter secara detail kandung kemil lewat urogram intravena, CT scan atau MRI scan.
  • Biopsi kanker. Pada prosedur diagnosa ini, pengambilan sampel jaringan dapat dilakukan oleh dokter yang setelah itu akan diuji.
  • Sitologi urin. Dokter bakal mengambil sample urin dari pasien. Sebab bersama pengambilan sample urin ini, akan terdeteksi ada tidaknya kandungan sel kanker di dalam tubuh pasien.

Itulah gejala dan metode diagnosa kanker kandung kemih. Semoga dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *