Kandungan Dan Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan

Alpukat mempunyai nama ilmiah persea americana. Buah ini memiliki rasa yang nikmat dan warnanya yang khas bahkan termasuk buah populer di indonesia. Namun, tak seperti buah yang lain, alpukat mempunyai kandungan lemak dan kalori yang lebih daripada buah pada umumnya. Walau demikian, buah ini pula termasuk salah saltu yang mempunyai gizi yang tinggi dan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Kandungan Dan Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan

Alpukat mengandung lebih dari 25 gizi penting, termasuk juga gizi A, B,C, E, K, tembaga, magnesium, potasium, fosfor, besi, serat, protein dan antioksidan. Selain itu juga mengandung beberapa phytochemical berguna seperti beta-sitosteol, glutathione dan lutein yang mampu memelihara tubuh terhadap serangan berbagai penyakit.

Kandungan Dan Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan

Mencegah kanker

Berdasarkan hasil penelitian bahwa alpukat memiliki kandungan fitokimia yang dapat membantu mencegah perkembangan kanker tertentu. Seperti yang terdapat dalam manfaat buah blueberry dan manfaat buah strawberry yang dapat mencegah perkembangan kanker.

Manfaat untuk kehamilan

Buah alpukat merupakan salah satu buah yang baik dikonsumsi selama kehamilan. Karena buah ini mengandung asam folat yang sangat penting untuk perkembangan janin yang sehat.

Alpukat mengandung lemak baik

Alpukat mengandung lemak yang tinggi, tapi kandungan lemak yang tinggi didalamnya adalah lemak tak jenuh tunggal atau lemak baik yang sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung serta menurunkan tekanan darah.

Sumber vitamin E tinggi

Buah alpukat memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Hal ini dikarenakan buah ini kaya akan kandungan vitamin E. Bahkan kandungan tersebut juga mempunyai efek positif pada penyakit jantung, pencegahan kanker, pengembangan katarak, stroke dan juga mempunyai sifat antipenuaan.

Mengurangi kadar kolesterol

Alpukat juga memiliki manfaat untuk mengurangi kadar kolesterol dengan cara mencegah penyerapan kembali oleh tubuh. Karena buah ini mengandung serat.

Mengurangi resiko stroke

Buah alpukat memiliki kandungan folat yang cukup tinggi yang bermanfaat dapat mengurangi resiko stroke. Oleh karena itu, bila anda memiliki riwayat keluarga penyakit stroke sebaiknya konsumsi buah alpukat secara rutin setiap hari, untuk mengurangi resiko stroke.

Membantu penyerapan vitamin yang lebih baik

Makan alpukat ditemukan bisa menaikkan jumlah karotenoid yang diserap dari makanan sampai 5 kali. Karotenoid ialah termasuk juga beta karoten dan likopen yang merupakan zat makanan terhadap kesehatan yang baik.

Kesehatan mata

Makan alpukat mampu meningkatkan asupan lutein yang dapat memelihara kita dari degenerasi dan pembentukan katarak. Penelitian lebih lanjut masih dimanfaatkan kepada menentukan dengan tepat, apa seharusnya yang mampu membantu melindungi kesehatan mata dari alpukat.

Kesehatan jantung

Kandungan gizi B6 dan asam folat yang ada pada buah alpukat mampu menunjang mengatur kadar homocysteine. Tingkat tinggi homocysteine dikaitkan bersama kenaikan honorarium penyakit jantung. Buah ini pula mempunyai kandungan vitamin E, glutathione dan lemak tidak jenuh tunggal yang mampu menunjang dalam melindungi kesehatan jantung.

Anti-inflamasi

Kemampuan alpukat untuk menopang mencegah peradangan yang tak dinginkan memang tak diragukan lagi dalam dunia medis, dikarenakan sudah ditunjang dalam berbagai penelitian. Istilah “anti-inflamasi” yaitu istilah yang benar-benar berlaku pada buah alpukat.

Demikian informasi tentang kandungan dan manfaat alpukat untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *