Makanan Sehat Pencegah Kanker Payudara

makanan sehat pencegah kanker payudara,- Ketika mengonsumsi makanan sehari-hari, perlulah kita menghindari makanan yang bersifat karsinogenik. Sebaliknya kita perlu konsumsi makanan sehari-hari pencegah kanker yang mengandung antioksidan tinggi, sehingga bakal melawan radikal bebas penyebab kanker untuk memberikan imunitas pada tubuh. Selain itu, faktor pemicu kanker lantaran kurangnya asupan sayran & buah alami di mana mempunyai serat yang tinggi. Dalam penelitian universitas California mengungkapkan bahwa konsumsi makanan sayuran & buah dengan cara rutin bisa mengurangi resiko kanker hingga separuhnya.

Makanan Sehat Pencegah Kanker Payudara

1.Buah-buahan

  • Apel mengandung vitamin C yang tinggi, serat larut air terutama & pektin
  • Jeruk mengandung vitamin C untuk mendukung imun tubuh, limonoids untuk
  • system kekebalan tubuh. Kandungan bioflavanoid & antioksidan pencegah kanker.
  • Pepaya mempunyai kandungan betakaroten, pektin, fitokinase, papain untuk pemecah protein.
  • Tomat mempunyai kandungan vitamin C , antioksidan, lycopen sebagai panangkal radikal bebas.
  • Melon. Zat antikoagulan & karotinoid yang ada pada buah melon berfungsi dapat melawan kanker.
  • Anggur. Flavanoid, antioksidan, polifenol pectin, tannin yang terdapat pada buah anggur berfungsi untuk menangkal kerusakan gen, mencegah timbulnya kanker.
  • Sirsak. Tidak cuma berupa vitamin saja yang terkandung dalam buah sirsak . Sirsak serta mengandung senyawa fitokimia yang bernama Annonaceous acetogenins. Senyawa fitokimia ini nyatanya baik sekali untuk menangkal bermacam virus yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti kanker.

2.Sayuran

  • Brokoli, kubis merah, sawi, lobak & kembang kol mempunyai kandungan glukosinoat , betakaroten, isotiosianat, kumarin dan fenol sebagai anti kanker dalam makanan pencegah kanker yang kaya akan serat.
  • Wortel mempunyai kandungan vitamin C, betakaroten, folic acid, zat antioksidan & glutathione.

3.Madu

Kandungan yang terdapat dalam madu yaitu glukosa, fruktosa & sebagainya. Glukosa , kandungan yang tinggi berkhasiat untuk mengembalikan cairan tubuh dengan cepat. Fruktosa , untuk mengurangi kerusakan hati yang jadi penyebab kanker hati. Madu pun mempunyai manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh & membentuk system imunitas tubuh, serta mempercepat penyembuhan luka baik luka karena kanker atau bekas operasi pengangkatan kanker.

4.Makanan yang mengandung klorofil

Klorofil ialah pigmen dalam pertumbuhan hikau, alga & bakteri fotosintetik. Dalam hal ini seperti pigmen karoten, klorofil penting dalam mengaktifasi senyawa radikal yang berbahaya bagi sel. Berikut mengkonsumsi klorofil sebagai makanan pencegah kanker payudara & bentukannya :

  • Alfa-afa ialah sayuran seperti tauge tapi ukurannya lebih panjang & berwarna hijau. Berfungsi sebagai antioksidan membersihkan darah, melancarkan darah, memperbaiki pencernaan , mengatasi radang.
  • Spirulina yaitu alga hijau biru bersel satu hidup di air tawar yang berukuran mikroskopis spiral. Mengandung betakaroten 25 kali lipat dari wortel. Hal ini jadi antioksidan yang sangat baik.
  • Daun padi, yg jadi sumber klorofil ialah tanaman berumur kurang dari 10 hari yang bebas dari residu peptisida. Untuk penyembuhan kanker, dibutuhkan 20-30 gr daun padi segar & dicuci bersih lalu dihaluskan dengan 1 gelas air & disaring. Air tersebut tajir klorofil yang bermanfaat untuk penyembuhan kanker.

Tidak Hanya makanan sehat, ada pula makanan yang mesti dihindari penderita kanker payudara ialah :

  • Makanan yang mengandung tinggi lemak. Makanan tinggi protein seperti daging berwarna merah di mana didalamnya mengandung senyawa heterosiklik yang pemicu kanker.
  • Makanan yang dimasak dengan cara dibakar atau diasap. Pembakaran dibagian luarnya yang hangus akan menghasilkan senyawa kuinon & benzopirene yang mempunyai sifat merangsang pertumbuhan kanker.
  • Makanan yang digoreng dengan suhu tinggi & minyak jenuh. Minyak goreng yaitu minyak jenug & lemak trans. Contohnya mentega, margarin & minyak goreng bekas. Minyak goreng bekas yang sudah 2x digoreng & berwarna kehitaman mengandung senyawa hydrogen peroksida yang merupakan radikal bebas yang sangat kuat.
  • Daging kaleng. Makanan kaleng banyak ditambahi garam natrium nitrit untuk mengawetkan & mempercantik. Senyawa tersebut kalau diberikan dengan amino yang terkandung dalam daging dapat membantuk nitrosamine yang bersifat karsinogen.
  • Zat aditif. Makanan yang mengandung additives sebenarnya aman menurut takaran pemerintah, tapi perlu diwaspadai kalau tidak sesuai takaran contohnya makanan yang mengandung pemanis , pengawt & ada pewarna buatan. Contohnya bakso, mie, junk food dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *