Makanan Yang Mengandung Antioksidan Tinggi

makanan yang mengandung antioksidan tinggi,- Antioksidan yakni kekuatan yang melindungi kita dari berbagai macam penyakit serta untuk memperlambat proses penuaan. Ini dikarenakan antioksidan bekerja dengan melawan radikan bebas dalam tubuh, yang dapat membahayakan sel-sel tubuh.

Bila kadar antioksidan dalam tubuh rendah, maka stres oksidatif dapat terjadi dan ini dapat membuat tubuh jadi rentan pada banyak penyakit termasuk penyakit jantung & kanker. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan tubuh sehat juga system kekebalan tubuh yang kuat, sehingga kita harus mendapatkan banyak antioksidan setiap hari. Antioksidan yaitu nutrisi yang bisa ditemukan dalam banyak jenis buah & sayuran.

makanan yang mengandung antioksidan tinggi

Makanan Yang Mengandung Antiosksidan Tinggi

1.Buah beri

Buah-buahan yang berair tak cuma enak, tetapi pula dapat membantu buat melawan penyakit. Bluberry mungkin ukurannya kecil, tapi manfaatnya kesehatan sangat besar. Buah beri mampu meningkatkan fungsi kognitif, sekaligus memperkuat kekebalan tubuh kita. Termasuk keluarga berri yang lain seperti Blackberry, stroberi, rasberry & cranberry kaya antikosidan.

2.Sayuran berdaun hijau gelap

Sayuran berdaun hijau sangat baik lantaran rendah lemak & kalori serta mengandung banyak serat, zat besi & kalsium. Sementara antioksidan yang ditawarkan termasuk vitamin C & E , lutein & beta-karoten. Contoh sayuran hijau ialah kale, bayam dsb.

3.Bawang putih

Bawang putih mangandung sulfur sebagai bahan antioksidan yang sangat penting untuk tubuh. Selain itu dalam bawang putih pula ditemukan zat lain sepertu mangan, vitamin B6, Vitamin C, Selenium & serat.

4.Anggur merah

Buah anggur mengandung bahan antioksidan berupa katekin, flavonoid & antosianin. Anggur merupakan buah yang terkenal & mengandung sumber nutrisi yang sangat lengkap seperti kalium, kalsium, magnesium, fosfor, zat besi & selenium.

Kandungan flavonoid yang ada pada buah anggur bisa menangkal radikal bebas & melawan penuaan dini. Sumber mineral yang lengkap untuk memelihara kesehatan tulang & kekuatan tulang untuk usia lanjut.

5.Mangga

Buah mangga yang manis & sedikit asam mengandung bahan beta karoten yang bertindak sebagai antioksidan di dalam tubuh. Mangga mempunyai rasa yang sangat manis & sedikit berair.

Selain itu, kandungan senyawa antioksidan sangat baik untuk mencegah kanker (kanker payudara, kanker usus besar, kanker prostat & leukimia). Mengandung serat, vitamin C & pektin dalam jumlah yang tinggi yang mampu menurunkan kolesterol. Selain itu juga mengandung beta karoten yang sangat baik untuk melindungi berbagai jenis penyakit mata.

6.Aprikot

Aprikot yaitu buah manis yang mengandung banyak zat beta karotenn sebagai bahan antioksidan. Buah ini pula mengandung kalori yang rendah maka sangat baik untuk menurunkan berat tubuh, menurunkan kolesterol & pelrindungan pada kanker. Kandungan beta karoten yang sangat tinggi (hingga 64% dalam 100 gr) untuk mendukung mata yang sehat & perlindungan pada kanker paru-paru & rongga mulut. Kandungan vitamin C yang dapat berguna sebagai bahan antioksidan untuk mencegah infeksi & menangkal radikal bebas.

7.Wortel

Anda dapat menemukan bahan antioksidan dalam wortel seperti zat beta karoten yang cukup tinggi. Wortel pula mengandung beta karoten & vitamin A yang tinggi untuk mendukung system kesehatan mata & perlindungan kepada kanker paru-paru. Tidak Cuma itu pun mengandung poli acetilen berupa falcarinol yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.

8.Apel

Makan 1 buah apel perhari mampu membuat tubuh anda jauh lebih sehat. Hal ini disebabkan lantaran apel mengandung serat, rendah kalori, mineral, bahan antioksidan & senyawa kimia alami yang dapat mencegah berbagai penyakit.

Kandungan bagan quercetin pada apel dapat menurukan resiko kanker, meningkatkan system kekebalan tubuh & mendukung kesehatan jantung.

9.Sayuran persilangan (brokoli, kubis, kembang kol)

Semua jenis sayuran persilangan sepeti brokoli , kubis & kembang kol sangat baik sebagai sumber antioksidan alami untuk tubuh, sayuran ini mengandung senyawa glukosinates yang berguna untuk mencegah kanker & menurunkan resiko serangan kanker. Glukosinates dapat mencegah kanker dengan menyerbarkan senyawa resiko anti karsinogen penyebab kanker. Makan setidaknya satu piring berisi sayuran persilangan ini dapat menurunkan resiko kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *