Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner yakni gangguan jantung baik akut ataupun kronik. Pada biasanya penyakit jantung koroner lebih banyak menyerang laki laki. Lantaran lak-laki condong lebih banyak mempunyai faktor resiko terjadinya penyakit jantung, seperti kebiasaan merokok & konsumsi alkohol.

Faktor penyebab jantung koroner

Penyebab yang paling umum penyakit jantung koroner yakni plak pada arteri dengan jumlah yang berlebihan. Hal tersebut menyebabkan arteri jantung jadi menyempit & juga pasokan oksigen pada darah berkurang. Pasokan oksigen yang kurang dalam tubuh mampu membahayakan dan juga mengancam nyawa si penderita. Plak ini terbentuk sebab tumpukan kolesterol akibat pola makan & gaya hidup yang tak sehat. Makanan yang kaya akan kolesterol pada akhirnya tak dapat dibakar dengan cara maksimal oleh tubuh lantaran penderita tak membantunya dengan aktivitas fisik.

Penyebab yang lain ialah faktor keturunan, tekanan darah tinggi, sindrom metabolik, penyakit ginjal akut dan juga sleep apnea. Tiap orang mempunyai faktor efek yang berbeda dengan masalah penyakit jantung ini. Tetapi penyebab yang paling umum yaitu obesitas & kebiasaan tidak baik seperti merokok & terlalu mengkonsumsi alkohol.

Gejala penyakit jantung koroner
  • Rasa nyeri kepada bagian ulu hati
  • Sesak nafas
  • Gampang lelah & berkeringan sekalipun tak jalankan tugas berat
  • Rasa sakit pada lengan kiri & tangan kanan
  • Rasa sakit kepada bagian tubuh yang lain, seperti siku, leher, punggung ataupun bahu
  • Irama jantung yang tak teratur
  • Sulit tidur
  • Pembengkakan di pergelangan tangan

Tetapi, perlu diingat bahwa gejala penyakit jantung koroner mungkin berbeda antara penderita. Akibatnya ,seringkali penderita tidak menyadari hal ini hingga akhirnya mengalami serangan mendadak kala penyakit telah pada tahap lanjut. Tetapi terkadang pula gejala penyakit jantung koroner ini tak terdeteksi. Tapi apabila anda mengalami salah satu gejala di atas secara berulang, langkah paling bijak adalah memeriksakan diri ke dokter. Dan konsumsi obat untuk penyakit jantung koroner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *