Penyebab Terlalu Sering Sesak Nafas Yang Harus Diketahui

Sesak nafas merupakan suatu kondisi saat anda kesulitan dalam bernafas. Sesak nafas dalam dunia kedokteran disebut dengan dyspnea. Tergantung pada penyebabnya, ada orang yang mengalami sesak nafas hanya sekali, ada juga orang yang mengalami sesak nafas berulang atau bahkan sering yang dapat menjadi konstan.

Penyebab Terlalu Sering Sesak Nafas Yang Harus Diketahui

Penyebab Terlalu Sering Sesak Nafas Yang Harus Diketahui

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab terlalu sering sesak nafas diantaranya melakukan olahraga yang terlalu berat, berada di tempat dengan suhu ekstrem dan karena faktor obesitas. Penyebab gangguan sesak napas lainnya adalah karena gangguan kesehatan yang dapat disebabkan oleh:

Alergi

Gangguan kesehatan yang dapat menimbulkan sesak nafas adalah alergi. Alergi marupakan kondisi respon sistem daya tahan tubuh pada suatu hal yang di anggap bahaya di dalam tubuh. Gejala alergi diantaranya sesak nafas, hidung berair, ruam kemerahan pada kulit, mata memerah dan gatal, mata berair.

Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK)

Sering sesak nafas bisa menjadi gejala penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Penyaki ini marupakan penyakit kronis. Selain sesak nafas, gejala lainnya penyakit paru obstruktif kronis adalah batuk berdahak yang tidak kunjung sembuh, berkurangnya nafsu makan, dan mengik.

Kanker paru-paru

Kanker paru-paru adalah salah jenis kanker yang paling ditakuti. Gejala penyakit kanker paru-paru  tidak terdeteksi dengan jelas sebab sama sekali tidak terlihat pada penderita. Tapi tetap, gejala penyakit ini harus diketahui diantaranya sesak nafas, batuk berikut adalah yang tidak kunjung sembuh, batuk berdarah, tubuh medah capek dan lelah padahal tidka melakukan kegiatan yang berat.

Pilek/flu

Pilek/flu adalah infeksi yang terjadi pada saluran sinus, hidung, saluran pernafasan atas dan tenggorokan yang disebabkan oleh virus. Gejala flu baisanya sering bersin, hidung berair, hidung tersumbar, tidak enak badan. Namun gejala pun dapat berlanjut menjadi demam, sakit di tenggorokan, sakit kepala, nyeri otot dan sesak nafas.

Penyakit jantung

Jangan sepelekan sesak nafas terlalu sering, karena bisa jadi gejala penyakit jantung. Ada beberapa penyakit jantung diantaranya:

  • Aritmia. Penyakit yang menimbulkan gejala sesak nafas adalah aritmia yaitu gangguan pada jantung. Selain sesak nafas, gejala lainnya pusing-pusing, bahkan sampai pingsan.
  • Serangan jantung. Selain aritmia, penyakit jantung yang menimbulkan sesak nafas adalah serangan jantung. Selain sesak nafas, gejala lainnya adalah nyeri di dada, tubuh lemah, pusing, dll.
  • Gagal jantung. Sama seperti jenis penyakit jantung yang lainnya, gagal jantung juga merupakan penyakit jantung yang bisa menyebabkan sesak nafas. Sesak nafas juga bisa terjadi saat sedang beristirahat maka dianggap tida wajar.

Asma

Sesak nafas sering dikaitkan dengan kondisi asma. Penyakit inimerupakan penyakit yang kronis sebab tidak bisa disembuhkan dengan total. Gejala lainnya dari asma adalah sakit di dada, batuk-batuk dan mengi.

Pneumonia

Gangguan kesehatan lainnya yang menyebabkan sesak nafas adalah pneumonia yaitu infeksi yang dapat memicu timbulnya inflamasi di kantong paru-paru, si salah satu paru-paru atau kedua paru-paru. Selain sesak nafas, gejala lainnya penyakit pneumonia adalah sakit dada, batuk kering, berkeringat, dan tubuh terasa lelah.

Tuberkulosis

Tuberkulosis dikenal dengan nama TBC yang merupakan gangguan kesehatan yang menyebabkan sesak nafas. Tuberkulosis disebabkan oleh basik mycobacterium tuberculosis. Selain sesak nafas, gejala lainnya penyakit TBC adalah batuk-batuk, nafsu makan berkurang sehingga berat badan penderita turun, batuk berdarah, berkeringat di malam hari, batuk berdahak yang tidak kunjung sembuh dan nyeri di dada.

Namun, penyebab umum yang dapat memicu kondisi sesak nafas adalah asma, penyakit paru-paru dan penyakit jantung. Untuk mengetahui penyebab sesak nafas yang anda rasakan, alangkah baiknya memriksakan pada dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *